Studi Ekskursi Internasional

16 agu 2016

Studi Ekskursi Internasional diadakan oleh Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi Bisnis pada tanggal 1 - 4 Maret 2016. Studi Ekskursi diadakan di Singapura. Acara ini diikuti oleh 40 orang (35 peserta, 4 orang panitia, dan 1 orang dosen pembimbing). Tujuan dari acara ini adalah agar  mahasiswa Program Studi Teknik Informatika dan Program Sistem Informasi Bisnis dapat memiliki pengetahuan untuk menciptakan sesuatu di bidang teknologi informasi yang tepat-guna dan juga dapat memiliki pengetahuan akan proses bisnis internasional.

Pada studi ekskursi kali ini, dilakukan kunjungan ke 3 universitas, 1 exhibition, dan 1 perusahaan. Untuk universitas yang dikunjungi adalah Nanyang Technology University (NTU), National University of Singapore (NUS), dan 3D Sense Media School. Di NTU dan NUS. mahasiswa mendapat kesempatan mempelajari mata kuliah apa saja yang dipelajari di sana. Mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk melihat hasil research dan tugas dari mahasiswa di sana. 

Di 3DSense Media School, mahasiswa mendapat informasi mengenai peluang pekerjaan dari lulusan informatika di bidang multimedia. Ini membuka wawasan dan pandangan bahwa lulusan informatika tidak harus bekerja sebagai programmer tetapi juga dapat bekerja sebagai animator dan VX effect coordinator. Banyak di antara mereka yang sekolah di sana berasal dari lulusan Informatika. 

Pameran yang dikunjungi adalah IExperience yang diadakan oleh Infocomm Development Authority of Singapore (IDA). Pameran ini diadakan untuk memberikan pengetahuan tentang teknologi yang dipakai zaman dahulu dan teknologi yang sedang menjadi trend sekarang ini. Banyak teknologi hasil karya mahasiswa Singapura yang akan diimplementasikan oleh pemerintah Singapura untuk menyokong Smart Nation. Beberapa di antaranya adalah smart house, smart office, dll. Teknologi - teknologi ini memberikan gambaran kepada kita apa yang menjadi trend di masyarakat sekarang.

Untuk perusahaan yang didatangi adalah Nu Water yang merupakan perusahaan air minum di Singapura. Perusahaan ini mengolah air laut menjadi air minum bersih. Pada kesempatan ini dipresentasikan tentang cara pengolahan air ini dan pentingnya air di Singapura.

Selama di Singapura, mahasiswa mendapatkan banyak informasi tentang teknologi terkini, peluang pekerjaan yang ada, dan proses bisnis dari perusahaan di Singapura. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk membuka wawasan mahasiswa akan perkembangan dunia teknologi informasi.

 


Close