Profil

Program Sistem Informasi Bisnis berada dibawah Jurusan Teknik Informatika. Jurusan Teknik Informatika Universitas Kristen Petra secara resmi didirikan melalui Surat Keputusan No. 147/DIKTI/KEPT/1998, tanggal  25 Mei 1998 dan telah terakreditasi dengan nilai A berdasar Surat Keputusan 018/BAN-PT/Ak-XII/S1/VII/2009 pada tanggal 10 Juli 2009

 

Visi Program Studi

Menjadi Jurusan yang mempunyai reputasi internasional dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat serta menghasilkan lulusan yang mampu mendayagunakan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas hidup (enhancing human life) berdasarkan iman Kristen dan mampu berperan dalam pasar global.

Misi Program Studi

Melaksanakan proses pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkualitas, yang berfokus pada minat mahasiswa dan permintaan pasar global serta diarahkan untuk menyiapkan tenaga profesional yang handal dan mampu mengakomodasi perkembangan teknologi informasi di masa yang akan datang.
 

Mengapa SIB UK Petra?

Program Sistem Informasi Bisnis membekali mahasiswa dengan pengetahuan bisnis dan sistem informasi serta jiwa dan semangat technopreneur sehingga mampu bersaing di pasar global yang kompetitif. 

Fokus program ini adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai jiwa dan semangat technopreneur serta kompeten untuk melakukan analisa, desain, dan implementasi sistem informasi pada perusahaan bisnis, baik dagang ataupun jasa. 

Sistem Informasi Bisnis UK Petra mempunyai keunggulan-keunggulan:

  1. Staf pengajar adalah lulusan S2 dan S3 dari universitas luar dan dalam negeri, profesor di bidang Soft Computing serta praktisi di bidang teknologi informasi serta bisnis.
  2. Mempunyai kerja sama penyelenggaraan dual degree (gelar ganda) dengan Inholland University dan Fontys University, Belanda yang memungkinkan mahasiswa memperoleh dua gelar (Bachelor of Engineering/B.Eng dan Sarjana Komputer/S.Kom) pada saat lulus dengan mengikuti perkuliahan 3 tahun UK Petra + 1 tahun universitas luar negeri.
  3. Bekerja sama dengan Cisco untuk menyelenggarakan program sertifikasi internasional yaitu Cisco Network Academy Program guna membekali mahasiswa dengan kemampuan profesional yang dibutuhkan di dunia kerja.
  4. Bekerja sama dengan Oracle Academy untuk mendukung perkuliahan.
  5. Bekerja sama dengan testing center Pearson VUE yang memungkinkan mahasiswa mengikuti tes guna mendapat sertifikasi internasional yang digunakan sebagai nilai tambah saat memasuki dunia kerja.
  6. Perpustakaan dengan lebih dari 5000 judul koleksi di bidang teknologi informasi.
  7. Mempunyai beragam prestasi di tingkat nasional dan internasional seperti memenangkan hibah PHK A-2 DIKTI 2007-2009, memenangkan hibah penelitian dosen muda, penelitian hibah bersaing, hibah kompetensi DIKTI sejak 2006 hingga sekarang, best paper award pada seminar internasional.
  8. Mempunyai 6 laboratorium penunjang kegiatan perkuliahan : Sistem Komputer, Pemrograman, Sistem Informasi, Jaringan Komputer, Sistem Cerdas dan Multimedia.
  9. Akses free internet 24 jam ditunjang dengan WiFi hotspot di seluruh kampus.

Kurikulum

Mengacu pada kurikulum ACM (Association of Computing Machinery) serta APTIKOM (Asosiasi Perguruan Tinggi Informatika dan Komputer Indonesia)

Kurikulum terdiri dari 144 SKS (Satuan Kredit Semester), dirancang dapat diselesaikan selama 8 semester. Tersusun atas 100 SKS mata kuliah inti sistem informasi bisnis, 30 SKS mata kuliah pilihan, dan 14 SKS mata kuliah dasar umum.

Terdapat mata kuliah berbasis service learning untuk mengajarkan kepedulian terhadap masyarakat.

Hotline

Program Sistem Informasi Bisnis

Jurusan Teknik Informatika

Universitas Kristen Petra

Jl. Siwalankerto 121-131

Surabaya - 60236

Telp: 031-2983450, 031-2983451, 031-2983452

Fax: 031-8417658

Email: kj-infor@petra.ac.id