Publikasi

Daftar Peserta RC Pemrograman
15 Jan 2018

Terlampir daftar peserta RC Pemrograman untuk Informatika dan SIB. Jadwal RC menyusul.

Baca lebih lanjut>
Juara 1 Lomba Tingkat Nasional FIT Fun Festival 2017
15 Jan 2018

Satu tim utusan dari UK Petra telah berhasil meraih juara 1 lomba tingkat Nasional FIT Fun Festival 2017 kategori Web Programming. Mereka adalah Andre Gunawan dan Yohanes Christian  dari Program Sistem Informasi Bisnis dan Yohanes Adam dari Prodi Informatika. Pembimbing dari tim ini adalah Bapak Justinus Andjarwirawan, dosen dari Prodi Teknik Informatika.

Lomba ini diadakan pada tanggal 2-4 Mei 2017, diikuti utusan beberapa universitas di seluruh Indonesia. Lomba ini adalah event tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga.

Hari pertama lomba dimulai dengan technical meeting dan dilanjutkan dengan acara pembukaan lomba FIT Fun Festival 2017.

Hari ke-2, peserta dan pembimbing berkumpul pukul 7.30, dimulai dengan tes jaringan komputer dan persiapan lomba selama setengah jam. Setelah persiapan selesai, perlombaan dengan durasi 12 jam dimulai.

Hari ke-3, acara dimulai dengan presentasi dari masing-masing tim ke dewan juri dilanjutkan dengan seminar Data Analyst dan ditutup dengan pengumuman pemenang lomba. Dan tim perwakilan dari UK Petra, berhasil menjadi juara 1. Soli Deo Gloria!

Baca lebih lanjut>
Studi Ekskursi Internasional
15 Jan 2018

Studi Ekskursi Internasional diadakan oleh Program Studi Teknik Informatika dan Sistem Informasi Bisnis pada tanggal 1 - 4 Maret 2016. Studi Ekskursi diadakan di Singapura. Acara ini diikuti oleh 40 orang (35 peserta, 4 orang panitia, dan 1 orang dosen pembimbing). Tujuan dari acara ini adalah agar  mahasiswa Program Studi Teknik Informatika dan Program Sistem Informasi Bisnis dapat memiliki pengetahuan untuk menciptakan sesuatu di bidang teknologi informasi yang tepat-guna dan juga dapat memiliki pengetahuan akan proses bisnis internasional.

Pada studi ekskursi kali ini, dilakukan kunjungan ke 3 universitas, 1 exhibition, dan 1 perusahaan. Untuk universitas yang dikunjungi adalah Nanyang Technology University (NTU), National University of Singapore (NUS), dan 3D Sense Media School. Di NTU dan NUS. mahasiswa mendapat kesempatan mempelajari mata kuliah apa saja yang dipelajari di sana. Mahasiswa juga mendapatkan kesempatan untuk melihat hasil research dan tugas dari mahasiswa di sana. 

Di 3DSense Media School, mahasiswa mendapat informasi mengenai peluang pekerjaan dari lulusan informatika di bidang multimedia. Ini membuka wawasan dan pandangan bahwa lulusan informatika tidak harus bekerja sebagai programmer tetapi juga dapat bekerja sebagai animator dan VX effect coordinator. Banyak di antara mereka yang sekolah di sana berasal dari lulusan Informatika. 

Pameran yang dikunjungi adalah IExperience yang diadakan oleh Infocomm Development Authority of Singapore (IDA). Pameran ini diadakan untuk memberikan pengetahuan tentang teknologi yang dipakai zaman dahulu dan teknologi yang sedang menjadi trend sekarang ini. Banyak teknologi hasil karya mahasiswa Singapura yang akan diimplementasikan oleh pemerintah Singapura untuk menyokong Smart Nation. Beberapa di antaranya adalah smart house, smart office, dll. Teknologi - teknologi ini memberikan gambaran kepada kita apa yang menjadi trend di masyarakat sekarang.

Untuk perusahaan yang didatangi adalah Nu Water yang merupakan perusahaan air minum di Singapura. Perusahaan ini mengolah air laut menjadi air minum bersih. Pada kesempatan ini dipresentasikan tentang cara pengolahan air ini dan pentingnya air di Singapura.

Selama di Singapura, mahasiswa mendapatkan banyak informasi tentang teknologi terkini, peluang pekerjaan yang ada, dan proses bisnis dari perusahaan di Singapura. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk membuka wawasan mahasiswa akan perkembangan dunia teknologi informasi.

 

Baca lebih lanjut>
Juara di 2 kategori yang berbeda pada FIT Competition 2016
15 Jan 2018

Mahasiswa Teknik Informatika yang juga berkolaborasi dengan Mahasiswi Desain Komunikasi Visual berhasil meraih Juara di 2 kategori yang berbeda (mobile dan website) pada FIT Competition 2016. Lomba FIT Competition sendiri adalah lomba informatika dengan tema ‘Change the World’ yang diadakan oleh Universitas Kristen Satya Wicana yang memiliki 3 kategori yaitu Mobile, Website, dan Jaringan.

Tim Petra yang berangkat pada tanggal 20 April 2016 lalu ke Salatiga terdiri dari 2 kelompok. Kelompok 1 (Tim Petra Jaya) yang beranggotakan Yohanes Miracle Mario Chrislie, Mikiavonty Endrawati Mirabel, Elisa Yuni Anggraini dan Michael Adi Gerdyman mengikuti kategori Website. Sedangkan Kelompok 2 (Punakawan) yang beranggotakan Michael Santoso, Ignatius Christian, Devina Wiyono (DKV), dan Melisa Gunawan (DKV) mengikuti kategori Mobile.

Setelah 9 jam perjalanan yang cukup melelahkan tim Petra sampai di Wisma Bukit Soka, Salatiga tempat diadakannya acara FIT competition. Acara hari pertama dimulai dengan technical meeting, sambutan dari petinggi Universitas Kristen Satya Wicana dan juga performance tari tradisional. Setelah semua rangkaian acara berakhir, para peserta dipersilahkan untuk menyantap hidangan malam dan mempersiapkan diri untuk melaksanakan lomba keesokan harinya.

Hari kedua, acara yang ditunggu – tunggu oleh para peserta website dan mobile di mulai, yaitu coding selama 12 jam. Para peserta diharuskan untuk berada didepan laptop selama 12 jam non-stop untuk menghasilkan program sesuai proposal yang telah diajukan sebelumnya. Acara coding ini dimulai pk 09.00 pagi hingga pk. 21.00 malam, dan diakhiri dengan istirahat bagi para peserta yang telah ‘ngoding’ hingga 12 jam.

Hari ketiga yang merupakan hari terakhir diawali dengan presentasi yang dilaksanakan oleh para peserta. Setiap peserta bersaing dengan Universitas lain mempresentasikan karyanya sebaik mungkin untuk merebut juara 1, 2 dan 3. Setelah presentasi, sesi diakhiri dengan istirahat sejenak dan makan siang. Barulah dilanjutkan saat yang menegangkan bagi seluruh peserta lomba yaitu pengumuman juara 1, 2 dan 3. Pada sesi terakhir terlihat bahwa ternyata tim Petra memiliki kemampuan yang membanggakan. Kelompok 1 yang diketuai oleh Yohanes Miracle Mario Chrislie berhasil meraih Juara 2 kategori website. Begitu juga dengan kelompok 2 yang diketuai oleh Michael Santoso berhasil meraih Juara 2 kategori mobile. Acara ditutup dengan foto bersama seluruh peserta dan juga petinggi UKSW. Setelah perjalanan yang cukup melelahkan dan ‘ngoding’ bersama tim Petra berhasil membawa piala kemenangan. (mcs)

 

Baca lebih lanjut>
ASIAN SUMMER PROGRAM DI KAMPUS AWA
15 Jan 2018

Cindy Monica adalah mahasiswa dari Universitas Kristen Petra yang terpilih menjadi salah satu peserta Asian Summer Program di Jepang. Berikut adalah testimonial nya:

Saya bersyukur menjadi salah satu mahasiswa beruntung yang memiliki kesempatan untuk bergabung Summer Program Asia di Jepang. Terima kasih ASP 2015 untuk semua momen-momen yang menakjubkan. Banyak pengalaman yang saya dapatkan, tidak hanya akademis, tetapi juga kebersamaan dengan siswa luar negeri, dan belajar mengenai budaya. Sebab, cara terbaik untuk memahami budaya lain adalah dengan mengalaminya secara langsung. Ini juga mendorong pemahaman yang lebih dalam mengenai budaya saya sendiri karena saya berinteraksi dan belajar dari orang lain. Saya juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa dan pengetahuan. Saya memiliki teman dari berbagai negara, bekerja dengan tim untuk proyek kelas, presentasi, dan sebagainya, dan masih tetap berhubungan dengan mereka sampai sekarang. Banyak hal menyenangkan yang kami lakukan bersama-sama dan mereka.

Pengalaman di belajar di luar negeri juga membantu kita di masa depan. Hal ini sangat membantu dalam mencari kerja. Dan itu adalah salah satu hal yang dipertimbangkan oleh atasan saya sekarang. Saat ini saya bekerja di sebuah software house dan atasan saya adalah orang Singapura yang tinggal di Malaysia, dan ASP ini menjadi salah satu perhatian beliau.

Terima kasih, Universitas Kristen Petra, saya punya begitu banyak pelajaran yang bisa dipetik seperti pengalaman global yang menambah keterampilan berarti bagi saya, memperluas perspektif saya, dan membangun bahasa dan kompetensi budaya saya.

Baca lebih lanjut>
Student Exchange - Momoyama Gakuin University
15 Jan 2018

Soen, Surya Soenaryo merupakan peserta Student Exchange - Momoyama Gakuin University Japan. Berikut ini adalah share pengalaman Surya selama di Momoyama :

Surya mengikuti kegiatan pertukaran pelajar selama ½ tahun, memperoleh 2 jenis beasiswa, yaitu :

  • Beasiswa dari Momoyama Gakuin University : uang tunai, yang digunakan untuk membayar biaya sewa apartemen.
  • Beasiswa JASSO : uang tunai, yang dapat digunakan untuk membayar biaya sewa dan kehidupan sehari-hari.
  • Namun, dikarenakan hanya boleh 1 beasiswa saja yang aktif, maka pada September – Januari, Surya menggunakan beasiswa JASSO. Setelah beasiswa JASSO habis, Surya diberikan beasiswa dari Momoyama Gakuin University.

 

Banyak aktivitas yang telah Surya lakukan selama menjadi mahasiswa internasional disana, antara lain:

  • Mengikuti kelas internasional
  • Homestay
  • Travelling: baik individu, grup (dengan teman), maupun grup (direncanakan oleh universitas)
  • Part-time job
  • Volunteer teacher, mengajarkan bahasa Inggris
  • Menjadi tamu di kelas budaya yang diadakan di Momoyama Gakuin University untuk memperkenalkan Universitas Kristen Petra
  • Menjadi volunteer untuk memperkenalkan negara Indonesia di sekolah-sekolah disana.
  • Menjadi tamu saat diadakan seminar yang menyangkut dengan negara Indonesia. Seperti halnya seminar dari mahasiswa-mahasiswa pertukaran pelajar yang pulang dari Indonesia, presentasi skripsi yang menyangkut dengan negara Indonesia, dll.

Banyak manfaat yang Surya peroleh dari kegiatan pertukaran pelajar ini, walau Surya hanya mengikuti selama ½ tahun saja, namun Surya banyak memperoleh berbagai pengalaman baru, seperti diantaranya:

  • Meningkatkan kepercayaan diri sebagai individu, karena Surya mengikuti pertukaraan di negara lain, dengan dasar peserta tunggal dari U.K. Petra, dan mengharuskan Surya untuk menggunakan bahasa Jepang dan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.
  • Meningkatkan kepercayaan diri sebagai individu, karena Surya mengikuti pertukaraan di negara lain, dengan dasar peserta tunggal dari U.K. Petra, dan mengharuskan Surya untuk menggunakan bahasa Jepang dan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.
  • Meningkatkan kemampuan bahasa Jepang.
  • Meningkatkan kemampuan bahasa Inggris.
  • Mempelajari berbagai budaya, tidak hanya dari Jepang saja, namun juga dari negara lain.
  • Mengubah etika Surya, yang dimana berkat pertukaran pelajar, kebanyakan mahasiswa international menjadi memiliki pola pemikiran open-minded.
  • Dapat mengenal masyarakat Jepang dan masyarakat dari berbagai belahan di dunia secara langsung. Hal yang dapat kita baca dari internet, buku, maupun pengalaman orang belum tentu berbanding lurus dengan pengalaman yang kita peroleh sendiri.
  • Mempelajari etika kerja. Masyarakat Jepang sangat menjunjung tinggi etika bermasyarakat., sehingga melatih Surya untuk tertutur dan berkata sopan dengan orang lain.
  • Disiplin, waktu sangat berharga disana, membuat Surya menjadi menghargai akan pentingnya disiplin waktu
  • Meningkatkan kemampuan sosialisasi Surya. Surya tergolong mahasiswa pendiam sebelum mengikuti kegiatan ini, namun selama disana, Surya berinteraksi tidak hanya dengan masyarakat Jepang, namun juga mahasiswa maupun orang asing disana. Keadaan tersebut membuat Surya menjadi lebih terbuka untuk bersosialisasi dengan orang lain.
  • Lebih mencintai budaya negara sendiri. Selama tinggal di Indonesia, bangga akan budaya sendiri Surya lemah dan pengetahuan akan budaya dan negara Indonesia Surya kurang banyak. Selama disana, dengan berbagai aktivitas yang Surya lakukan disana, rasa bangga dan pengetahuan akan budaya negara sendiri menjadi meningkat
  • Mengenal lebih jauh tentang Jepang.

 

Baca lebih lanjut>
Wenzao Summer Program
15 Jan 2018

Wenzao Summer Program merupakan salah satu summer program yang diadakan oleh Wenzao Ursuline University of Language yang berlokasi di Kaohsiung, Taiwan. William Onnyxiforus Purnomo, merupakan salah satu perwakilan petra yang berasal dari program studi Sistem Informasi Bisnis 2012. Bersama dengan 2 teman lainnya yang berasal dari program studi lainnya mewakili Petra untuk mengikuti summer program tersebut. Wenzao Summer Program diadakan selama 3 minggu dengan kegiatan-kegiatannya yang meliputi, belajar bahasa mandarin baik di dalam kelas ataupun praktek langsung di kelas tutor, belajar beberapa kesenian seperti tai-chi, kaligrafi, diabolo (chinese yo-yo), dan juga belajar membuat dumpling. Selain itu, kita juga diajak untuk melakukan field trip ke tempat-tempat yang menarik di sana seperti mengelilingi kota Kaohsiung itu sendiri, mengunjungi culture park, dan bahkan mengunjungi salah satu danau indah di Taiwan yang bernama Sun Moon Lake. Banyak sekali keuntungan dan manfaat dari mengikuti summer program seperti ini, diantaranya kita bisa belajar sesuatu hal yang baru dan membuka wawasan kita, mempelajari bagaimana pola pikir mereka, serta travelling tentunya dimana kita bisa melihat tempat-tempat yang baru dan mencoba makanan dan minuman dengan rasa yang berbeda.

Baca lebih lanjut>
Menampilkan 1-7 dari 7 item.